Khadija & 'Aisya World

This blog is dedicated for the woman who becomes Khadija & 'Aisya in my life

Thursday, November 15, 2007

Dalam Rasa Sakit*

'Aisyah, percayalah dalam rasa sakit tersimpan kasih sayang Tuhan
Sebab ia seringkali lebih bisa menyadarkan kita akan makna kenikmatan
Seringkali ia juga bertindak sebagai sarana penggugur kesalahan


*) Ditulis untuk menggenapi kesempurnaan menjenguk. Rasulullah SAW mencontohkan adab menjenguk orang yang sakit sebagai berikut:
  • Berwudlu sebelum berangkat. Rasulullah bersabda, " Barang siapa berwudlu dengan sebaik-baiknya kemudian menjenguk sesama muslim (yang sakit) karena mengharap ridlo Allah, pasti ia akan dijauhkan dari neraka jahanam sejauh tujuh puluh tahun perjalanan." (H.R. Abu Daud)
  • Memberikan optimisme. Ummu Salamah berkata, Rasulullah SAW pernah berkata kepadaku: "Apabila kalian menjenguk orang yang sakit atau wafat, ucapkanlah yang baik-baik, sebab malaikat mengaminkan apa-apa yang diucapkan olehmu." (H.R. Tirmidzi)
  • Mengirim makanan kesukaannya. Salman Alfarisi berkata, telah bersabda Rasulullah SAW: "Barang siapa memberi makanan kepada yang sakit sesuai dengan keinginannya, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga." (H.R. Thabrani)
  • Laki-laki tidak dilarang menjenguk perempuan, meski bukan muhrim. Ummu A'la berkata, "Rasulullah SAW pernah menjengukku ketika aku sakit." (H.R. Abu Daud). Menjenguk non muslim juga tidak dilarang seperti dalam hadist riwayat Bukhari dan Abu Daud.

Disarikan dari Bedah Masalah Kontemporer - Topik Cara Menjenguk Islami, Aam Amiruddin

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home